masukkan script iklan disini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Mengenal
makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkart penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.1 Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
3.1 Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.1 Menyusun
paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan
ejaan
3. MATEMATIKA
1.1 Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
2.1 Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
1.1 MendiskriIPSikan
ciri-ciri den kebutuhari makhluk hidup.
5. LMU PENGETAHUAN
SOSIAL
1.1 Menceritakan
Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengetahui makna sumpah pemuda
·
Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mendengarkan penjelasan
·
Menganalisa penjelasan
·
Melaksanakan penjelasan
·
Melengkapi kaUmat penjelasan
·
Menceritakan pengalaman pribadi
·
Membaca nyaring teks (20-25 kalimat)
dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menyusun paragraf sederhana dengan
memperhetikan penggunaan ejaan
3. MATEMATIKA
·
Menggambar gahs bitangan
·
Menentukan etak bilangan pada garis
bHarigan.
·
Menyebutkan nama alat ukur
·
Menyebutkan fungsi alat ukur
·
Mengukur dengan alat ukur
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup.
·
Membedakan antara makhluk hidup dan
tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkan lingkungan alam buatan
·
Menyebutkan Iingkungan alam alami
·
Menjelasken alam
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1 Mengidentifikasi
jenis kelamin
2 Mengenal makna
satu nyse
3 Mengenal makna
satu bangsa
4. Mengenal makna
satu bahasa
5. Mendengarkan
penjelasan
6. Menganalisa
penjelasan
7. Melaksanakan penjelasan
8. Melengkapi
kalimat penjelasan
9. Menceritakan
pengalaman pribadi
10. Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan afal dan intonasi yang tepat
11. Menyusun
paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
12. Menggambar
garis bilangan
13. Menentukan
etak bilangan pada garis bilangan
14. Menyebutkan
nama alat ukur
15. Menyebutkan
fungsi alat ukur
16. Mengukur
dengan alat ukur
17. Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
18. Membandingkan
ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
19. Menjelaskan
alam buatan dan alam alami
20. Mengidentifikasikan alam
21. Menceritakan
alam
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masingmasing
sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KELUARGA
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Mengamalkan
nilai nilai sumpah pemuda
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menyusun
paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan
ejaan
3. MATEMATIKA
2.1 Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, Umbangan, atau jam) Melakukan
penjumlahan dan perigurangan tiga angka.
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
tim-bangan, atau jam)
4. ILMUPENGETAHUANAL.AM
.
1.1 Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Memelihara
Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Meneladani jiwa sumpah pemuda,
persatuan dan kesatuan, rela berkorban
2. BAHASA
INDONESIA
·
Menyusun paragraf sederhdna dengan
memperhatikan pengguhaan ejaan
·
Mendengarkan penjelasan
·
Menganalisa penjelasan
·
Melaksanakan penjelasan
·
Melengkapi kalimat penjelasan
·
Menceritakan pengalaman pribadi
·
Membaca nyaring teks (20-25 kalimat)
dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menyusun paragraf sederhana dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
3. MATEMATIKA
·
Menggambar garis bilangan
·
Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
·
Menyebutkan nama alat ukur
·
Menyebutkan fungsi alat ukur
·
Mengukur dengan alat ukur
·
Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik
menyimpan
·
Menjumlahkan tiga angka dengan teknik
menyimpan
·
Mengurangkan tiga angka tanpa teknik
meminjam
·
Mengurangkan tiga angka dengan teknik
meminjam
·
Menyebutkan nama alat ukur
·
Meriyebutkan fungsi alat ukur
·
Mengukur dengan alat ukur
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup.
·
Mengidentifikasi persamaan dan
perbedaan hewan dan tumbuhari
·
Menggoiongkan hewan berdasarkan
persamean ciri-cirinya.
·
Menggolongkan tumbuhari berdasarkan
persamean ciri-cirinya
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menjelaskan alam
·
Menyebutkan cara merawat alam dan
buatan
·
Melaksanakan atau merawat alam
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1 Mengidentifikasi jenis kelamin
2. Melakukan kebiasaan hidup bersatu dalam
kehidupan sehari-hari
3. Menyebutkan arti rela berkorban
4. Mendengarkan penjelasan
5. Menganalisa penjelasan
6. Melaksanakan penjelasan
7. Melengkapi kalimat penjelasan
8. Menceritakan pengalaman pribadi
9. Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat
10, Menyusun
paragraf berdasarkan. bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
11. Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik menyimpan
12. Menjumlahkan tiga angka dengan teknik menyimpan
13. Mengurangkan tiga angka tanpa teknik meminjam
14. Mengurangkan tiga angka dengan teknik meminjam
15. Menyebutkan nama alat ukur
16. Menyebutkan fungsi alat Ukur
17. Mengukur dengan alat ukur
18. Menggolongkan makhluk hidup berdasarkan
ciri-cirinya. .
19,
Mengebmpokkan hewan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
20. Mengelompokkan tumbuhari berdasarkan persamaan
ciri-cirinya.
21. Menerangkan cara merawat alam dan buatan
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masingmasing
sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Mengenal
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masya-rakat sekitar
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.1 Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
3.2 Menjelaskan
isi teks (100- 150 kata) melaIui membaca intensif
4.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
3. MATEMATIKA
1.3 Melakukan
perkalian yang hasflnya bitangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
2.2 Menggunakan
alat. ukur dalam pemecahari masalah
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
2.1 Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat berdasarkan pengamatan. sekitar.
5. LMU PENGETAHUAN
SOSIAL
1.1 Memelihara
ingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Memberi contoh kemajemukan
aturan-aturan yang beriaku di masyarakat Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mendengarkan penjelasan
·
Mendengarkan penjetasan
·
Menganalisa penjelasan
·
Metaksanakan penjetasan
·
Melengkapi kalimat penjelasan
·
Menceritakan pengalaman pribadi
·
Menjelaskan isi bacaan
·
Menjawab pertanyaan bacaan
·
Menyusun paragraf sederhana dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
3. MATEMATIKA
·
Perkalian yang hasilnya bilangan tiga
angka
·
Pembagian bitangan tiga angka
·
Menyebutkan nama atat ukur
·
Menyebutkan fungsi alat ukur
·
Mengukur dengan alat ukur
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Membedakan kondisi ingkungan sehat dan
tidak sehat.
·
Mengidentifikasi penyebab pencemaran
lingkungan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkan cara merawat Iingkungan
alam dan buatan
·
Melaksanakan atau merawat ingkungan
alam dan buatan
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi :
Tanya jawab tentang lingkungan sekitar siswa
B. KEGIATAN
Inti
1 Melakukan
kebiasaan hidup yang berlaku di masyarakat
2. Mendengarkan
penjelasan
3. Menganalisa
penjetasan
4. Melaksanakan
penjelasan
5. Melengkapi
kalimat penjelasan
6. Menceritakan
pengalaman pribadi
7. Menjelaskan si bacaan
8. Menjawab
pertanyaan bacaan
9. Menyusun
paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
10. Perkalian
yang hasilnya bilangan tiga angka
11 Pembagian
bilangan tiga angka
12. Menyebutkan
nama alat ukur
13. Menyebutkan
fungsi alat ukur
14. Mengukur
dengan alat ukur
15. Membandingkan
Iingkungan sehat dan tidak sehat.
16. Menjelaskan
penyebab pencemaran lingkungan.
17. Menerangkan
cara merawat alam dan buatan
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masingmasing
sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Menanam Jagung”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Contoh aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2.2 Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
3.2 Menjelaskan
si teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
4.2 Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
1.3 Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
2.2 Menggunakan
alat ukur dalam pemecahari masalah
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
1.3 MendiskriIPSikan
perubahari yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi
pertumbuhari dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, ekreasi, istirahat, dan
olahraga).
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Membuat denah dan peta Iingkungan rumah dan sekolah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Memberi contoh kemajemukan
aturan-aturan yang berlaku di masyarakat Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mendengarkan dongeng anak
·
Menyebutkan tokoh dongeng
·
Menyebutkan watak dan tokoh
·
Meyusun jadwal kegiatan
·
Menjelaskan cara menyusun jadwal
kegiatan
·
MenjeIaskan isi bacaan
·
Menjawab pertanyaan bacaan
·
Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar
3. MATEMATIKA
·
Perkalian yang hasilnya bilangan bga
angka
·
Pembagian bilangan tiga angka
·
Menyebutkan nama alat ukur
·
Menyebutkan fungsi alat ukur
·
Mengukur dengan alat ukur
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi kebutuhari makh!uk
hidup.
·
MenjeIaskan apa yang terjadi jika
salah satu kebutuhari makhluk hidup tidak terpenuhi.
·
Mempraktikkan cara memelihara dan
merawat tanaman/hewan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menerangkan denah
·
Membuat denah
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
B. KEGIATAN Inti
1 Melakukan
kebiasaan hidup yang berlaku di masyarakat
2. Mendengarkan
dongeng anak
3. Menyebutkan
tokoh dongeng
4. Menyebutkan
watak dan tokoh
5. Meyusun jadwal
kegiatan
6. Menjelaskan
cara menyusun jadwal kegiatan
7. Menjelaskan
si bacaan
8. Menjawab
pertanyaan bacaan
9. Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
10. Perkalian
yang hasilnya bitangan tiga angka
11. Pembagian
bilangan tiga angka
12. Menyebutkan
nama alat ukur
13. Menyebutkan
fung.si alat ukur
14. Mengukur
dengan alat ukur
15. Mencari
informasi kebutuhari manusia, hewan, dan tumbuhari untuk mempertaharikan
hidupnya.
16. Memperkirakan
yang akan terjadi jikasalah satu kebutuhari makhluk hidup tidak terpenuhi.
17. Mempraktikkan
cara memelihara tanaman/hewan.
18. Menjelaskan
cara membuah denah rumah
19. Menjelaskan
cara membuah peta rumah
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Bangun Tidur ”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA : KEGEMARAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Menyebutkan contoh aturan-aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2. BAHASA
INDONESIA
1.1 Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2.2 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihari kata yang tepat
3.3 Menceritakan
si dongeng yang dibaca
4.2 Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
1.4 Melakukan
operasi hitung campuran
2.3 Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
2.2 MendiskriIPSikan
kondisi Iingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Melakukan kerja sama di Iingkungan rumah, sekolah, dan
kelurahari I desa
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Memberi contoh aturan yang berlaku di
masyarakat
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mendengarkan dongeng anak
·
Menyebutkan tokoh dongeng
·
Menyebutkan watak dan tokoh
·
Meyusun jadwal kegiatan
·
Menjelaskan cara menyusun jadwal
kegiatan
·
MenjeIaskan isi bacaan
·
Menjawab pertanyaan bacaan
·
Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar
3. MATEMATIKA
·
MeIakukann operasi hitung campuran
dengan menerapkan aturannya
·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
hubungan antar satuan waktu,antar satuan
panjang, dan antar satuan berat
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Menjelaskan pengaruh pencemaran
ingkungan terhadap kesehatan.
·
Menjelaskan cara menanggulangi
pencemaran Iingkungan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Melaksanakan kegiatan kerjasama
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Si Kancil”
B. KEGIATAN
Inti
1 Menceritakan
aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
2. Mendengarkan
dongeng anak
3. Menyebutkan
tokoh.dongeng
4. Menyebutkan
watak dan tokoh
5. Tanggapan
dan saran
6. Menceritakan
kembali dongeng yang sudah dibaca di depan kelas
7. Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
8. Melakukan
operasi hitung campuran dengan menerapkan aturannya
9. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antar satuan waktu, antar satuan
panjang, dan antar satuan berat
10. Menceritakan
pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan.
11. Cara
penangguiangan pencemaran. Iingkungan.
12. Menerangkan
manfaat kerjasama
13. Mendemonstrasikan
kegiatan kerjasama
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Si Kancil”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEBERSIHAN, KESEHATAN, KEAMANAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Melaksanakan
aturan-aturan yang berlaku di ingkungan masyarakat sekitar
2. BAHASA
INDONESIA
1 .2 Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2 3 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kahmat
yang runtut dan pilihari kata yang tepat
3.3 Menceritakan
si dongeng yang dibaca
3. MATEMATIKA
4.2 Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
1 .5 Memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
2.3 Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
2.3 Menjelaskan
cara menjaga kesehatan Iingkungan sekitar.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Melakukan kerja sama di Iingkungan rumah, sekolah, dan
kelurahari / desa
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Membiasakan melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di Iingkungan masyarakat sekitar
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mendengarkan dongeng anak Menyebutkan
tokoh dongeng
·
Menyebutkan watak dan tokoh
·
Tanggapan dan saran
·
Menceritakan kembali dongeng yang
sudah dibaca
·
Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar
3. MATEMATIKA
·
Menghitung jumlah harga
·
Menghitung uang kembalian
·
Menukar uang dengan satuan yang ebih kecil
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan uang
·
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan
berat
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Menjelaskan cara menanggulangi
pencemaran ingkungan.
·
Melakukan kegiatan nyata untuk
mernelihara kesehatan Iingkungan.
·
Membuat Iaporan tentang Iingkungan
yang sehat dan ingkungan yang tidak sehat berdasarkan pengamatan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Melaksanakan kegiatan kerjasama
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Bangun Pemuda-Pemudi”
B. KEGIATAN
Inti
1 Menceritakan
aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
2. Mendengarkan
dongeng anak
3. Menyebutkan
tokoh.dongeng
4. Menyebutkan
watak dan tokoh
5. Tanggapan
dan saran
6. Menceritakan
kembali dongeng yang sudah dibaca di depan kelas
7. Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
8. Menghitung
jumlah harga
9. Menghitung
uang kembahari
10. Menukar
uang dengan satuan yang Iebih kecil
11. Memecahkan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang
12. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antar satuan waktu,antar satuan panjang,
dan antarsatuan berat
13. Mempraktikkan
cara mernelihara kesehatan Iingkungan.
14. Mengamati
keadaan Iingkungan sekitar kemudian membuat aporan.
15. Menerangkan
manfaat kerjasama
16. Menjelaskari
arti kerjasama
17. Mendemonstrasikan
kegiatan kerjasama
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Maju Tak Gentar”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal
pentingnya memiliki harga diri
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan
percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat
ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak
panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen
menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan
peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
3. MATEMATIKA
2.3 Mengenal hubungan
antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.1 Mengenal
pecahari sederhana
4.1 Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
3.2 MendeskriIPSikan
perubahari sifat benda (ukuran, bentuk, warna/rasa) yang dapat diamati akibat
dan pe’rnbakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Mengamati
jenis-jenis pekerjaan
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengetahuj adanya hak dan kewajiban
sebagai individu
·
Membiasakan menghargai hak dan
kewajiban individu
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mencatat isi berita
·
Memberikan komentar si berita
·
Mencerjtakan isi drama
·
Mampu membuat percakapan sederhana
melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·
Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·
Mampu mengajukan pertanyaan
·
Mampu menulis kalimat dengan ejaan
yang tepat
·
Mampu menulis karangan berdasarkan
gambar seri
3. MATEMATIKA
·
Mengartikan pecahari
·
Membaca pecahari
·
MenuUs pecahari sederhana
·
Menemukan sifat-sifat bangun datar,
segitiga, persegi, persegi panjang
·
Menggambar bangun sesuai dengan
sifat-sifat bangun datar yang diberikan
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mendemonstrasikan adanya perubahari
sifat pada benda, akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara
terbuka.
·
Membandingkan benda sebelum dan
sesudah mengalami perubahari.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Mengidentifikasikan jenis-jenis
pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan barang dan jasa
·
Membuat daftar pekerjaan orang tua
siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
B. KEGIATAN
Inti
1 Mengenal
adanya hak individu
2. Mengenal
kewajiban sebagai individu
3. Melakukan
kebiasaan menghargai hak individu
4. Melakukan
kebiasaan menghargai kewajiban individu
5. Mencatat
berita dan Koran
6. Mendengarkan
berita di TV/radio
7. Mencatat
si berita
8. Mengajukan
pertanyaan mengomentari isi berita
9. Menyimpulkan
si berita
10. Menentukan
tema percakapan
11. Membuat
teks dialog percakapan
12. Mempraktekkan
dialog yang telah dibuat
13. Membaca
teks panjang secara intensif
14. Menjawab
pertanyaan isi teks
15. Mengajukan
pertanyaan
16. Menulis
kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
17. Menyusun
gambar sen yang diacak
18. Menulis
beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
19. Mengartikan
pecahari sederhana
20. Membaca
pecahari sederhana
21. Menulis
pecahari sederhana
22. Melakukan
penyelidikan sifat dan ciri-ciri bangun datar, persegi panjang denga.n
menggunakan alat dan bahari yang ada di sekitar, pojok siku-siku / lipatan
kertas
23. Menggambar
bangun datar segitiga, persegi, dan persegi pânjang pada kertas berpetak
24. Mendemonstrasikan
adanya perubahari sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan
di udara terbuka.
25. Meinbandingkan
benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.
26. Menjelaskan
jenis-jenis pekerjaan
27. Menjelaskan
cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dan PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Memberi
contoh bentuk, harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihari
dan kekurangan diii sendiri dan lain
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan
percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat
ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks
agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan
piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan,
huruf kapital, dan tanda titik
3. MATEMATIKA
3.1 Mengenal
pecahari sederhana
4.1 Mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
4.1 Menyimpulkan
hash pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
4.2 MendeskriIPSikan
hash! pengamatan tentang pengarüh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya.
5. ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Mengamati
jenis-jenis pekerjaan
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengakui kelebihari dan kekurangan
diii sendiri
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mencatat isi berita
·
Memberikan komentar isi berita
·
Mencerjtakan isi drama
·
Mampu membuat percakapan sederhana
melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·
Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·
Mampu mengajukan pertanyaan
·
Mampu menulis kalimat dengan ejaan
yang tepat
·
Mampu menulis karangan berdasarkan
gambar seri
3. MATEMATIKA
·
Mengartikan pecahari sederhana
·
Membaca pecahari sederhana
·
Menulis pecahari sederhana
·
Melakukan penyelidikan sifat-sifat
sudut dengan alat dan bahari yang ada di Iingkungan sekolah, pojok siku-siku /
lipatan kertas
·
Menyelidiki ciri-ciri yang dimihiki
sudut lancip siku-siku dan tumpul
·
Menggambar sudut lancip siku siku dan
tumpul
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan, misalnya menggeIinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar
·
Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk dan permukaan benda
(kasar halus)
·
Membuat daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari misalnya roda berputar, air mengalir.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Mengidentifikasikan jenis-jenis
pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan barang dan jasa
·
Membuat daftar pekerjaan orang tua
siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
B. KEGIATAN
Inti
1 MendeskriIPSikan
kelebihari dan kekurangan diii sendiri
2. Mencatat
berita dan Koran
3. Mendengarkan
berita di TV/radio
4. Mencatat
si berita
5. Mengajukan
pertanyaan Mengomentari si berita
6. Menyimpulkan
si berita
7. Menentukari
tema percakapan
8. Membuat
teks dialog percakapan
9. Mempraktekkan
dialog yang telah dibuat
10. Membaca
teks panjang secara intensif
11. Menjawab
pert~nyaan isi teks
12. Mengajukan
pertanyaan
13. Menulis
kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
14. Menyusun
gambar sen yang diacak
15. Menulis
beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
16. Mengartikan
pecahari sederhana
17. Membaca
pecahari sederhana
18. Menulis
pecahari sederhana
19. Melakukan
penyelidikan sifat-sifat sudut dengan alat dan bahari yang ada di lingkungan
sekolah, pojok siku-siku / lipatan kertas
20. Menyelidiki
ciri-ciri yang dimilik~ sudut lancip, siku-siku, dantumpul -
21. Menggambar
sudut lancip, siku-siku, dan tumpul
22. Melakukan
percobaan tentang gerak benda menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan
berputar.
23. Membandingkan
gerak benda tersebut.
24. Mendiskusikan/tanya
jawab tentang berbagai gerak benda.
25. Menyimpulkan
percobaan berbagai gerak benda.
26. .Membuktikan/menjelaskan
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
27. Menyebutkan
kegunaan gerak bends.
28. Menjelaskan
jenis-jenis pekerjaan
29. Menjelaskan
cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : PERISTIWA ALAM
ALOKASI WAKTU 2
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Memberi
contoh bentuk, harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihari
dan kekurangan diii sendiri dan lain
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan
percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat
ringkas
7.1 Menjawab dan
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang
dibaca secara intensif
8.1 Menulis
karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat
yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda
titik
3. MATEMATIKA
3.2 Membandingkan
pecahari sederhana
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
6.1 MendiskrlIPSikan
kenampakan permukaan bumi di Iingkungan sekitar.
6.2 Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Memahami
pentingnya semangat kerja
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Mengakui kelebihari dan kekurangan
diri sendiri
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mencatat isi berita
·
Memberikan komentar isi berita
·
Mencerjtakan isi drama
·
Mampu membuat percakapan sederhana
melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
·
Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·
Mampu mengajukan pertanyaan
·
Mampu menulis kalimat dengan ejaan
yang tepat
·
Mampu menulis karangan berdasarkan
gambar seri
3. MATEMATIKA
·
Membandingkan pecahari sederhana
·
Mengunutkan pecahari sedenharia
·
Menggunakan perbandingan pecahari
dalam kehidupan sehari-hari
·
Menemukan rumus untuk mencani keliling
persegi dan persegi panjang
·
Menghitung keliling persegi dan
persegi panjang
·
Menggunakan keliling persegi dan
persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi berbagai bentuk
permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
·
Mengidentifikasi kondisi cuaca.
Misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menjelaskan cara membenikan manfaat
orang untuk bekenja
·
Menjelaskan pentingnya memiliki
semangat dalam bekerja
·
Memberi contoh ciri-ciri semangat
bekerja (misal kerja keras disiplin jujur) yang telah dilakukannya dalam
kehtdupan sehari-hari
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Hujan”
B. KEGIATAN
Inti
1 MendeskriIPSikan
kelebihari dan kekurangan diri sendiri
2. Mencatat
berita dan Koran
3. Mendengarkan
berita di TV/radio
4. Mencatat
isi berita
5. Mengajukan
pertanyaan Mengomentari si berita
6. Menyimpulkan
si berita
7. Menentukari
tema percakapan
8. Membuat
teks dialog percakapan
9. Mempraktekkan
dialog yang telah dibuat
10. Membaca
teks panjang secara intensif
11. Menjawab
pertanyaan isi teks
12. Mengajukan
pertanyaan
13. Menulis
kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
14. Menyusun
gambar sen yang diacak
15. Menulis
beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
16. Membandingkan
pecahari sederhana
17. Mengurutkan
pecahari sederhana
18. Menggunakan
perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
19. Menemukan
rumus untuk mencani keliling persegi dan persegi panjang
20. Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
21. Menggunakan
keliling persegidan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
22. Menjelaskan
bentuk permikaan bumi dan bentuk bumi.
23. Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
24. Menjelaskan
manfaat serta pentingnya memiliki semangat kerja
25. Menjelaskan
ciri-ciri semangat kerja
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Seorang Kapitan”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab .
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : REKREASI
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal kekhasan
bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alarn, keramah tamahari
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang didengarnya
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2 Membaca puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi
berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3. MATEMATIKA
3.2 Membandingkan
pecahari sederhana
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
4.1 Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran.
4.2 MendeskriIPSikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-harii.
4.3 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Memahami kegiatan
jual beli di ingkungan rumah dan sekolah
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan kekhasanbangsa Indonesia
dan kebhinekaan suku bangsa
·
Menyebutkan kekayaan alam yang menjadi
kebanggaan Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mampu menyimak pembacaan teks drama
yang didengarnya
·
Mampu menirukan dialog yang didengar
dengan ekspresi yang tepat
·
Mampu menjawab isi cerita dengan jelas
·
Menceritakan si teks drama
·
Mampu menceritakan pengalaman pribadi
di depan kelas
·
Mampu menulis pengalaman pribadi
dengan kalimat sederhana
·
Menemukan si puisi
·
Membacakan puisi dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Mampu menulis puisi berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
·
Membandingkan pecahari sederhana
·
Mengunutkan pecahari sedenharia
·
Menggunakan perbandingan pecahari
dalam kehidupan sehari-hari
·
Menemukan rumus untuk mencani keliling
persegi dan persegi panjang
·
Menghitung keliling persegi dan
persegi panjang
·
Menggunakan keliling persegi dan
persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul,
berputar.
·
Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk, dan permukaan benda
(kasar, halus).
·
Membuat daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: roda berputar, air mengalir.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menyebutkan tempat jual beli di
lingkungan rumah
·
Menyebutkan tempat jual beli di
lingkungan sekolah
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1. Menjelaskan
kekhasan bangsa Indonesia dan kebhinekaan suku bangsa
2. Menjelaskan
kekayaan alam yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia
3. Mendengarkan
dialog yang dibacakan guru
4. Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat
5. Mengajukan
pertanyaan
6. Menanggapi
dialog yang didengar
7. Menyimpulkan
isi dialog yang ada
8. Menceritakan
pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
9. Menulis
pengalaman dengan bahasa sederhana
10. Membacakan
cerita tentang pengalaman pribadi
11. Membaca puisi
12. Memahami isi
Puisi
13. Membaca puisi
dengan lafal, intonasi yang tepat
14. Mengartikan
gambar yang disediakan
15. Membuat puisi
berdasarkan gambar
16. Membacakan puisi
yang ditulisnya
17. Mernbandingkan
pecahari sederhana
18. Mengurutkan
pecahari sederhana
19. Menggunakan
perbandingan pecahari dalam kehidupan sehari-hari
20. Menemukan rumus
untuk mencari luas persegi dan persegi panjang
21. Menghitung luas
persegi dan persegi panjang
22. Menggunakan luas
persegi dan persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari
23. Melakukan
percobaan tentang gerak benda menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan
berputar.
24. Membandingkan
gerak benda tersebut.
25. Mendiskusikan/tanya
jawab tentang berbagai gerak benda.
26. Menyimpulkan
percobaan berbagai gerak benda.
27. Membuktikan/menjelaskan
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
28. Menyebutkan
kegunaan gerak benda.
29. Menjelaskan
tempat-tempat untuk berjual beli, pasar, swalayan, toko, warung, koperasi
sekolah, dll
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : TRANSPORTASI
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal kekhasan
bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alarn, keramah tamahari
2. BAHASA
INDONESIA
5.1 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2 Membaca puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi
berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3. MATEMATIKA
3.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahari sederhana
5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
5.1 Membuat
kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubahmenjadi energi
gerak.
5.2 Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Mengenal sejarah uang
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan kekhasan bangsa Indonesia
dan kebhinekaan suku bangsa
·
Menyebutkan kekayaan alam yang menjadi
kebanggaan Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mampu menyimak pembacaan teks drama
yang didengarnya
·
Mampu menirukan dialog yang didengar
dengan ekspresi yang tepat
·
Mampu menjawab isi cerita dengan jelas
·
Menceritakan si teks drama
·
Mampu menceritakan pengalaman pribadi
di depan kelas
·
Mampu menulis pengalaman pribadi
dengan kalimat sederhana
·
Menemukan si puisi
·
Membacakan puisi dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Mampu menulis puisi berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
·
Menggunakan Iuas persegi dan persegi
panjang dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahari sederhana
·
Menyelesaikan soal cents yang
berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Menunjukkan adanya pengaruh energi
berdasarkan pengamatan. Misalnya:panas dan sinar mataharii, kincir angin
berputar bile ditiup angin, den memetik gitar menghasilkan energi.
·
Membuat kincir untuk menunjukkan
bentuk energi gerak.
·
Memberi contoh dan menerapkan care
menghemat energi di rumah dandi sekolah.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menjelaskan sejarah uang
·
Menjelaskan alat tukar sebelum ada
uang
·
Menceritakan berbagai alat tukar
misalnya barang dan uang
·
Menunjukkan jenis uang yang beredar di
masyarakat
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. KEGIATAN
Inti
1. Menjelaskan
kekhasan bangsa Indonesia dan kebhinekaan suku bangsa
2. Menjelaskan
kekayaan alam yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia
3. Mendengarkan
dialog yang dibacakan guru
4. Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat
5. Mengajukan
pertanyaan
6. Menanggapi
dialog yang didengar
7. Menyimpulkan
isi dialog yang ada
8. Menceritakan
pengalaman waktu di ajak Ibu kekota
9. Menulis
pengalaman dengan bahasa sederhana
10. Membacakan
cerita tentang pengalaman pribadi
11. Membaca puisi
12. Memahami isi
Puisi
13. Membaca puisi
dengan lafal, intonasi yang tepat
14. Mengartikan
gambar yang disediakan
15. Membuat puisi
berdasarkan gambar
16. Membacakan puisi
yang ditulisnya
17. Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahthn sederhana
18. Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan uas persegi dan persegi panjang
19. Menjelaskan
bentuk-bentuk energi.
20. Ményebutkan
perubahari bentuk energi.
21. Menjelaskan
pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari.
22. Membuat
kincirangin.
23. Menjelaskan cara
menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di
sekolah.
24. Menjelaskan
sejarah uang
25. Menjelaskan alat
tukar sebelum ada uang
26. Menceritakan
berbagai alat tukar misalnya barang dan uang
27. Menunjukkan
jenis uang yang beredar di masyarakat
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Pada Hari Minggu”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 2
TEMA : HEWAN DAN
TUMBUHAN
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Menampilkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
5.2 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dan pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
7.2 Membaca puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi
berdasarkan gambar dengan pilihari kata yang menarik
3. MATEMATIKA
3.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahari sederhana
5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
6.1 MendiskriIPSikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar.
6.2 Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
6.3 Mendiskripsikan
pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
6.4 Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhari
II. INDIKATOR
1. PKN
·
Menyebutkan contoh sikap bangga
sebagai anak Indonesia
·
Membeni sun teladan bangga sebagal
anak Indonesia
2. BAHASA
INDONESIA
·
Mampu menyimak pembacaan teks drama
yang didengarnya
·
Mampu menirukan dialog yang didengar
dengan ekspresi yang tepat
·
Mampu menjawab isi cerita dengan jelas
·
Menceritakan isi teks drama
·
Mampu menceritakan pengalaman pribadi
di depan kelas
·
Mampu menulis pengalaman pribadi
dengan~kaIimat sederhana
·
Menemukan isi puisi
·
Membacakan puisi dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat
·
Mampu menulis puisi berdasarkan gambar
3. MATEMATIKA
·
Menggunakan Iuas persegi dan persegi
panjang dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahari sederhana
·
Menyelesaikan soal cents yang
berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
·
Mengidentifikasi berbagai bentuk
permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
·
Mengidentifikasi kondisi cuaca.
Misalnya: berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
·
Mengidentifikàsi kegiatan manusia yang
sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
·
Membuat daftar jenis-jenis sumben daya
alam dan kegunaannya.
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
·
Menceritakan kegunaan uang
·
Menjelaskan cara mengelola uang dengan
baik
·
Menyebutkan manfaat mengelola uang
dengan baik
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN
AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
B. KEGIATAN
Inti
1. Menyebutkan kebanggaan sebagai anak
Indonesia
2. Mendengarkan dialog yang dibacakan guru’
3. Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat
4. Mengajukan pertanyaan
5. Menang.gapi dialog yang didengar
6. Menyimpülkan isi dialog yang ada
7. Menceritakan pengalaman waktu di ajak Ibu
kekota
8. Menulispengalaman dengan bahasa sederhana
9. Membacakan cerita tentang pengalaman
pribadi
10. Membaca puisi
11. Memahami isi Puisi
12. Membaca puisi dengan lafal, intonasi yang
tepat
13. Mengartikan gambar yang disediakan
14. Membuat puisi berdasarkan gambar
15. Membacakan puisi yang ditulisnya
16. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahari sederhana
17. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
18. Menjelaskan bentuk permikaan bumi dan bentuk
bumi.
19. Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan
cuaca.
20. Menyebutkan kegiatan manusia yang sesual
dengan keadaancuaca.
21. Menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam dan
kegunaannya.
22. Menjelaskancara-cara manusia rnemanfaatkan
sumber daya a!am.
23. Menjelaskan penggunaan uang serta manfaat
pengelolaan uang dengan baik
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Berkibarlah Benderaku”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika,
IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Demak,
…………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
